Mantan Bos Blizzard Ingin Ada Opsi “Kasih Uang Tips” ke Dev.

Memberikan uang tips sebagai ucapan terima kasih atas layanan yang sudah kita terima di beragam tempat memang bukan budaya yang dekat dengan kata Indonesia. Namun di beberapa negara, khususnya Amerika Serikat, budaya memberikan tips sudah mendarah daging di beragam sektor industri, dari restoran hingga hotel. Bahkan untuk beberapa pekerjaan, sumber uang terbaik para pekerja untuk bertahan hidup setiap bulannya justru datang dari tips dan bukannya gaji pokok. Namun pernahkah Anda membayangkan bahwa sistem ini kemudian juga diterapkan di dalam industri game? Bagi mantan boss besar Blizzard Entertainment – Mike Ybarra, ini jadi opsi yang pantas untuk dipertimbangkan.

Via akun Twitter resminya, Mike Ybarra datang dengan sebuah usul yang cukup menarik dan memancing kritik di saat yang sama. Ybarra menyebut bahwa terkadang ia berharap sebuah video game yang istimewa memiliki opsi untuk memberikan”tips uang” kepada tim developer atas karyanya yang menurut dirinya, luar biasa. Ia menyebut dirinya tidak sungkan untuk mengeluarkan ekstra uang USD 10 atau USD 20 sebagai apresiasi atas pengalaman menakjubkan yang sudah ia terima, seperti di kasus Baldur’s Gate 3, Elden Ring,  God of War, atau Red Dead Redemption 2. Ia tahu bahwa harga game di standar USD 70 saat ini sudah mahal, tapi ia yakin ada beberapa game yang memang pantas mendapatkannya.

Tentu saja saran yang dikeluarkan oleh Ybarra ini mendapatkan pertentangan banyak pihak, bahkan dari gamer Amerika Serikat sendiri yang sepertinya lelah soal budaya tips yang seolah menyerap ke semua aspek industri. Ada pula kritik yang menyebut bahwa saran ini terlalu menguntungkan publisher yang seharusnya punya sistem bagi hasil lebih besar ke tim developer jika memang mereka pantas untuk mendapatkan lebih banyak uang. Bagaimana menurut Anda situasi yang satu ini?
https://ouo.io/3VE3dQ

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started